cover
image post

5 Trik Meningkatkan Keberhasilan Sales

Kamis, 22 Juni 2023 13:40 WIB

Siapa bilang menjadi seorang sales itu mudah? Jika Anda bertanya kepada seorang sales yang sukses pasti banyak cara metode yang diberikan untuk bisa meraih predikat sales sukses. Namun, fakta di lapangan terkadang berbeda dengan hasil yang didapatkan.

Tidak menyerah tentu menjadi langkah awal untuk memastikan Anda tetap di langkah yang tepat, tapi cara untuk meraihnya, dibutuhkan strategi yang tepat untuk memastikan probabilitas kesuksesan menjadi sales meningkat. 
Dilansir dari situs Selling Power ada beberapa cara yang bisa digunakan, yaitu:

Pastikan 3 Menit Pertama Berkesan

Salah satu penentu dari keberhasilan aktivitas penjualan terlihat dari 3 menit pertama interaksi saat berjualan. Bagaimana dalam 3 menit pertama Anda bisa langsung mendapatkan perhatian pelanggan untuk bisa terus menyimak, tertarik, atau bahkan antusias dengan apa yang Anda sampaikan. Dan untuk tetap menjadikan penjelasan Anda terhadap calon pelanggan tetap menarik. Anda bisa juga membangun komunikasi dua arah seperti memancing pertanyaan , contohnya: “Silahkan kalau mau dicoba dulu bapak/ibu”, “Bagaimana menurut bapak/ibu?”, dst

Stop Fokus Hanya Berjualan Produk, Ciptakan Kisah Menarik

Daripada Anda memaksakan calon pelanggan membeli untuk bisa mencapai target.  Pendekatan yang lebih halus  yang bisa dilakukan adalah dengan menciptakan cerita atau kisah mengenai produk yang Anda tawarkan. Bisa dari prosesnya, apa manfaatnya, dan lainnya tanpa harus terkesan memaksa dan pastinya harus dengan penyampaian yang menimbulkan ketertarikan.

Pakai Data Sebagai Contoh Nyata

Bukan sekadar seberapa bagus atau bermanfaat produk yang ditawarkan. Tapi juga harus dibekali dengan data. Dengan begitu, Anda bisa lebih cermat dalam mengambil langkah untuk menarik perhatian calon pelanggan. Seperti diskon, promo apa yang tepat, kapan waktu yang tepat untuk bisa presentasi, hingga sekadar mendapatkan topik menarik terkait calon pelanggan agar bisa lebih mencairkan suasana. 

Tidak hanya itu, dengan data dan laporan yang jelas maka Anda dapat mengukur seberapa efektif penjualan yang dilakukan.

Data-data ini bisa didapat dari laporan-laporan Anda, atau rekan-rekan salesman Anda yang diinput melalui T-Rec setiap harinya dari setiap kunjungan mereka, atau didapat dari laporan yang sebelumnya pernah dibuat atau disajikan oleh perusahaan. 

Closing

Dengan segala cara yang telah dilakukan, jangan lupa untuk tetap memastikan keputusan dari calon atau pelanggan terkait penawaran Anda.  Apakah akan membeli atau tidak? Merupakan keputusan yang biasa dan harus berbesar hati jika mengalami penolakan dengan berbagai alasan yang bisa dipetik pelajaran dan potensi di lain kesempatan, karena bukan tidak mungkin di kemudian hari calon pelanggan yang menolak menjadi tertarik dan membeli produk Anda.

Minta Referral

Setuju atau tidaknya calon pelanggan mengambil produk Anda, ada hal lain yang juga bisa Anda manfaatkan, yaitu kesempatan untuk meluaskan jaringan penjualan Anda melalui klien atau calon pelanggan untuk bisa dikenalkan atau di referensikan ke pihak lain, yang biasanya secara sukarela dilakukan apabila mereka puas dengan produk atau pelayanan Anda. Dengan begitu, kesempatan untuk tetap melakukan penjualan tetap terbuka walau mengalami penolakan.

Dengan beberapa cara dan tips yang bisa Anda lakukan sebagai seorang sales yang cerdas. Tetaplah semangat dalam menjadi seorang sales yang sukses yang dengan terbuka memanfaatkan dan menggunakan berbagai strategi untuk meraih kesuksesan dan penjualan yang diinginkan. 
 

Share this article:
Schedule a Demo